Sayuran Goreng (Vegetable Fritters)

Ada yang nyeletuk sewaktu ngumpul bareng dengan teman-teman “Musti dimasak seperti apa ya sayurnya biar anak-anak mau makan?” . Wah sepertinya ini menjadi pertanyaan yang sering dialami para orang tua. Karena memang ada beberapa orang tua yang mengeluhkan seperti ini. Nah mungkin menu kali ini cocok untuk masalah tersebut (Insya Allah ya).

Menunya adalah Vegetable Fritters atau kalo kami dirumah menyebutnya Sayuran Goreng. Malah terkadang bentuknya bisa menyerupai Ba’wan (Jawa Tengah), Ote-Ote (Jawa Timur), Bala-Bala (Jawa Barat) atau sebutan lain untuk daerah yang berbeda. Hayo dimulai aja…

Bahan utamanya adalah Sayuran (Boleh deh di combinasi segala jenis sayuran, yang penting sayuran). Kali ini kita gunakan Jagung, bayam, Timun Jepang (Zhuccini), wortel dan paprika.

Bahan-bahan:
  1. Jagung Kernels (yang sudah berbentuk bijian) atau jagung beli dipasar (kupas dan pisahin jadi bijian ya). 125 gr.
  2. Bayam ambil bagian daunnya dan batang muda diiris-iris. 1 Ikat saja.
  3. Timun Jepang di potong seperti korek api ya. 360 gr.
  4. Wortel potong seperti korek api. 150 gr.
  5. Paprika potong dadu kecil ya. 100 gr.
  6. Bawang Bombay di cincang. 1 siung.
  7. Tepung terigu 75 gr.
  8. Garam 1 sdt. Atau secukupnya sesuai selera.
  9. Bawang daun diiris tipis 1 batang.
  10. Telur, 3 butir.
  11. 4 tbs Canola Oil atau Olive Oil.

Nah sekarang kita masuk cara masaknya ya. Insya Allah mudah koq.
  1. Campurkan bahan jagung, bayam, timun jepang, wortel, paprika, bawang Bombay, tepung, Garam, bawang daun, telur kuningnya. Aduk hingga rata.
  2. Putih telurnya di letakkan di mangkuk dan kocok sampai kaku. Dan berikan pada lipatan campuran sayur.
  3. Panaskan pan yang besar dengan panas sedang. Berikan sedikit minyak canola atau minyak zaitun. Masukkan 1/3 cangkir kopi campuran sayur masak sekitar 5 menit. Balik dan masak antara 5 – 8 menit. Ulangi untuk yang berikutnya. Dengan menggunakan Pan besar jadi bisa sekaligus banyak untuk sekali masak.

Nah penyajiannya sesuaikan selera ya. Kami lebih senang dengan chili sauce atau saus sambal. Kalo di luar sono sih biasanya pake salad juga. Bagaimana??? Mudah bukan, anda juga bisa memasak dengan anak anda dengan membimbingnya.

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sayuran Goreng (Vegetable Fritters) ini dipublish oleh mbok pada hari Kamis, 10 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sayuran Goreng (Vegetable Fritters)
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar