Kebiasaan Merokok, Mempertinggi Resiko Terkena Kanker Usus Besar

Sebuah hasil penelitian terbaru mungkin menjadi peringatan bagi mereka yang belum memutuskan untuk berhenti merokok. Ternyata menurut hasil penelitian tersebut, merokok terbukti mempertinggi resiko terkena kanker usus besar atau colon cancer atau biasa disebut juga dengan colorectal cancer.

Penelitian mengenai bahaya merokok ini dilakukan oleh sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Michael Thun, dan hasil temuannya diterbitkan dalam Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarker & Preventions.

Penelitian tersebut dilakukan antara tahun 1992 – 2005 pada 185.000 orang dengan rentang usia antara 50 – 74 tahun. Hasilnya 1.962 orang dinyatakan positif terkena kanker usus besar. 38% dari 1.962 orang yang terkena kanker usus besar ternyata telah merokok selama 50 tahun. Sedangkan 30 – 50% nya adalah mereka yang telah merokok selama 40 tahun atau mulai merokok di atas umur 40 tahun.

Satu fakta lagi tentang bahaya merokok mengemuka. Yang harus kita ingat adalah bahwa merokok itu berbahaya. Dan apabila anda saat ini masih merokok, segera niatkan untuk berhenti. Lakukan sekarang juga, sebelum semuanya menjadi terlambat.

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kebiasaan Merokok, Mempertinggi Resiko Terkena Kanker Usus Besar ini dipublish oleh mbok pada hari Rabu, 02 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kebiasaan Merokok, Mempertinggi Resiko Terkena Kanker Usus Besar
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar