Spaghetti Goreng Siram Dabu Kering

Ini adalah menu special yang saya suka kangen. Spaghetti Goreng namanya. Namun untuk postingan kali ini ada sedikit tambahan yaitu Siram Dabu Kering. Citarasa campuran Barat dan Nusantara. Menjadi menu yang juga disukai keluarga.
Spaghetti goreng siram dabu kering
Menu ini adalah kreasi suami saya yang memang doyan masak. Kebetulan suami adalah lulusan perhotelan dan pernah kerja di dapur beberapa hotel. Sekarang saja berkutat di dunia keuangan.Menu ini mudah dan sederhana membuatnya. Bahannya juga mudah didapat, biasanya banyak tersedia di dapur rumah tangga. Bila penasaran yang sudah lihat gambarnya, langsung saja kita simak proses pembuatannya ya?

Yang pertama disediakan adalah bahan-bahan. Adapun bahan-bahanya sebagai berikut:

  1. Spaghetti rebus 500 gr. (untuk 2 porsi – normalnya)
  2. Bakso daging sapi 100 Gr.
  3. Tomat 1 buah.
  4. Telor 1 butir.
  5. Bawang Bombay 1 siung.
  6. Saos tomat secukupnya.
  7. Kecap secukupnya.
  8. Merica bubuk secukupnya.
  9. Garam secukupnya.


Setelah bahan-bahan tersedia semua, tinggal proses masaknya (cooking method). Baca perlahan ya, dijamin mudah koq?

  1. Bakso sapi dipotong mendekati dadu ukuran 1 cm x 1 cm x 1cm. Tomat dipotong dibuang isinya, kulitnya dipotong dadu 0,5 cm x 0,5 cm x 0,5 cm. bawang Bombay juga sama potongannya dengan tomat.
  2. Panaskan minyak goreng cukup untuk menumis. Setelah panas masukkan bawang Bombay dan tumis sampai wangi.
  3. Kemudian sisihkan bawang Bombay kepinggir pan dan masukkan telur masak scrambled (telur urak arik) sampai matang, jangan lupa beri garam dan merica secukupnya.
  4. Setelah telur matang kecilkan api. Masukkan saos tomat, kecap, garam, merica bubuk secukupnya untuk 2 porsi. Nyalakan kembali apinya dan panaskan bumbu campur dengan telur dan bawang Bombay.
  5. Setelah sedikit mendidih masukkan spaghettinya yang sudah direbus dan aduk sampai merata dengan api sedang. Setelah tercampur rata besarkan sedikit apinya dan terus aduk sampai matang. Boleh dicoba sedikit rasanya, tambahkan garam dan merica untuk penyesuaian rasa. Setelah dirasa matang angkat dan letakkan di atas piring.
  6. Selanjutnya membuat dabu kering. Untuk dabunya kami tidak menggunakan bawang merah tetapi diganti dengan bakso sapid an juga menggunakan minyaknya sedikit. Panaskan minyak goreng kira-kira 1 sendok. Setelah benar-benar panas matikan apinya dan masukkan tomat beserta bakso sapinya, aduk dan tambahkan sedikit garam dan merica.
  7. Kemudian siramkan dabu kering tersebut di atas spaghetti goreng yang di atas piring. Spaghetti Goreng Siram Dabu Kering sudah siap untuk dihidangkan.


Bagaimana? Mudah bukan? Semoga sajian ini bisa menggugah selera anda. Selamat mencoba ya…..

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Spaghetti Goreng Siram Dabu Kering ini dipublish oleh mbok pada hari Kamis, 10 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Spaghetti Goreng Siram Dabu Kering
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar