Kemaren kocak banget deh. Setelah beberapa lama baking blue (kali ini blue-nya bukan gara-gara gagal baking, tapi karena diet ketat), akhirnya kemaren baking lagi, mana bakingnya tuh impulsive banget lagi, hahahaha. Ceritanya gue seperti biasa deh wiken cengo bin bengong depan komputer, maen games, blogwalking, bales-balesin email/messages (caelah sok penting amat). Terus pada saat yang bersamaan, si Nana ternyata lagi posting2 hasil karya digital scrapbook-nya, hihihi.. Salah satu hasil karyanya, ada foto gue plus beberapa hasil karya kuliner yang pernah gue bikin *tsaaaah, kuliner*. Saking kerennya tuh SB, gue sampe langsung tergugah pengen bikin-bikin lagi deh, whahahaha… Tapi apa yaaaa…. ?
Akhirnya pilihan jatuh ke carrot cake ini. Pertama gue liat kue ini di blog resepnya Mbak Syl dan di blog resep Riana, tapi belom gue coba karena gue kelewat males nyari conversion untuk bahan-bahannya (misalnya: 1 gram baking soda, dll) karena gue ngga punya timbangan digital, jadi supaya ngepas gue kudu convert ke satuan teaspoon dulu.
Akhirnya kemaren ketemu conversion oke disini.
Langsung deh gue ke supermarket beli wortel dan bahan-bahan yang ngga ada dirumah, huehehehe… Terus nguprek deh bikin sang carrot cake. Tapi apalah artinya kue-kue yang gue buat tanpa sentuhan terakhirnya si Ira :-))) Cream cheese frosting dan wortel2 kecil nan lucu itu adalah kerjaannya si Ira. Thanks babe, you’re the best! :-))))
100_0178.jpg 100_0179.jpg 100_0183.jpg
Sekarang Resepnya ya:
(Sumber: Bogasari Baking Center Cake Baking Course)
Bahan:
250 g Telur
300 g Gula kastor
2 g Garam
5 g Emulsifier
260 g Tepung Segitiga Biru
1 g Baking soda
1 g Baking powder
1 g Cinnamon bubuk
450 g Wortel (parut halus)
150 g minyak
Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula, garam hingga kental dengan speed tinggi. Masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental dan meninggalkan jejak.
2. Ayak bahan kering, kemudian masukan kedalam adonan dengan speed rendah hingga tercampur rata.
3. Masukkan wortel parut, aduk rata.
4. Masukan minyak perlahan kedalam adonan hingga tercampur rata.
5. Tuangkan kedalam loyang bundar 20-22 m yang telah dialasi kertas.
6. Panggang dengan suhu 180ÂșC selama 30 - 45 menit (lakukan tes tusuk).
Cream Cheese Frosting
(Sumber: Kemasan Philadelphia Cream Cheese)
Bahan:
250 g Philadelphia Cream Cheese (bisa pakai merek apa saja)
80 g margarine
1 cup icing sugar
1 sdm perasan air jeruk lemon
Cara Membuat:
1. Kocok Philadelphia Cream Cheese dan margarine dengan mikser selama 4-5 menit atau hingga halus dan ringan (fluffy).
2. Tambahkan icing sugar dan air lemon, kemudian kocok lagi selama 30 detik atau sampai tercampur rata.
3. Oleskan pada Carrot Cake.