Nasi Goreng Ikatelba Kentang Chips

Rasanya gak pernah untuk lepas memanfaatkan segala bahan yang ada. Yang paling sering dan ringan adalah yang berbau goreng. Biasanya kalo di rumah ya Nasi Goreng atau Spaghetti Goreng. Kali ini coba buat lagi jenis nasi goreng. Hasilnya adalah “Nasi Goreng Ikatelba Kentang Chips”.

Sebenarnya ini juga nasi goreng biasa. Cuman sekedar berbagi saja. Namanya diambil dari bahan pendamping yang digunakan. Ikatelba itu juga dari bahan Ikan, telor dan Bakso (Bakso Sapi). Tambahan untuk crackernya menggunakan kentang chips.


Bahan-bahan yang digunakan:
  1. Bawang Bombay 1 siung saja ukuran sedang.
  2. Tomat 1 buah.
  3. Nasi Putih gembur 500 gr. (untuk 2 Porsi)
  4. Telor 2 butir.
  5. Ikan Layang 5 ekor. (100 Gr)
  6. Bakso Sapi 100 Gr.
  7. Kentang Chips 50 Gr.
  8. Garam dan Merica bubuk secukupnya.
  9. Tomato paste secukupnya
  10. Kecap secukupnya.
  11. Minyak Goreng secukupnya.


Proses pembuatan:
  1. Ikan Layang di goreng kering di luar empuk di dalam. Caranya dengan minyak yang banyak dan sangat panas. Biasanya prosesnya sebentar karena karakter daging ikan lebih cepat masak.
  2. Sembari menunggu ikan dingin. Potong dadu bawang Bombay, tomat dan bakso sapinya.
  3. Setelah ikan dingin suwir kecil untuk campuran nasi goreng.
  4. Panaskan minyak goreng, tumis bawang Bombay sampai tercium bau wanginya. Masukkan tomat dadu aduk hingga merata, ini fungsinya untuk memberikan sedikit rasa asam tomat.
  5. Setelah wangi panas Bombay dan tomat keluar, kecilkan api. Sisihkan tomat dan bombaynya. Tumis urak arik telornya sampai matang. Kecilkan api dan masukkan semua bahan yang tersisa kecuali kentang chips. Aduk hingga rata.
  6. Besarkan api dan masak nasi hingga matang. Jika dirasa sudah matang, angkat dan sajikan di atas piring. Beri sentuhan kentang chips di atas nasi goreng. Nasi goreng siap disajikan.


Bagaimana? Apakah anda juga ingin mencoba…ya

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Nasi Goreng Ikatelba Kentang Chips ini dipublish oleh mbok pada hari Kamis, 10 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Nasi Goreng Ikatelba Kentang Chips
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar