Ikan dan Ayam Bakar Lalapan

Cerita Keluarga kali ini ingin berbagi menu keluarga yang sering dibuat untuk acara kumpul-kumpul keluarga, senengnya ya bakar-bakar deh. Biasanya sih Ikan dan Ayam Bakar Lalapan. Ini seperti menu wajib yang kudu ada deh kayaknya.

ikan ayam bakar lalapanMenu ini sengaja dipilih biar ada kebersamaan di antara keluarga. Biasanya dengan adik, kakak, sepupu-sepupu dan keponakan-keponakan kami. Kenapa demikian? karena semua jadi ikut nimbrung dan bekerja, dari yang beli bahan, membersihkan bahan, memasak bahan dan terutama saat makannya, ya iya dong, kalo makan dibawa pulang jadi gak seru. Kok jadi ngelantur gini sih? Ya udah langsung aja kita mulai ya...

Yang kudu disiapkan dan diperlukan berikut daftarnya ya....

ikan ayam bakar lalapanBahan Utama:
Ayam dan Ikan (Bisa kakap, baronang atau terserah sajalah). Dibersihkan, pilih pola pemotongan agak tipis biar cepet matang. Kalo ayam di fillet steak sedangkan ikan di belah aja jangan dipotong.
Arang untuk membakar (Bisa kayu, bisa tempurung kelapa,) Jika tidak memakai arang bisa menggunakan fancy grilled, jadi bisa dibakar diatas kompor gas. banyak dijual di Hypermart.

Bumbu bakar:
Siapin aja bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, garam, kecap manis, jeruk nipis/jeruk sambal, minyak goreng. Semua bahan di haluskan jadi satu. Anda tentu tahu caranya bukan. Yang keras-keras dulu dihaluskan baru tambahkan yang lunak dan aduk. Jangan lupa tambahkan air ya...

Lalapan yang kudu ada:
Bayam rebus, kecambah Rebus, Daun Kemangi Segar, mentimun Segar, Pok Choy (Sawi Manis) rebus, dan tambahan lain bila anda suka.... namanya juga lalapan, yang suka aja iyakan???

Sambal yang kudu dibuat:
Bawang Merah, Bawang Putih, Tomat, Terasi, Penyedap rasa, Gula Pasir, tidak ketinggalan Cabenya...
Bawang, tomat, cabe digoreng/atau ditumis terserah aja.
Setelah matang/layu, campurkan semua bumbunya dan haluskan. Jadi deh sambalnya...

Memasak Bahan Utama:
Celupin semua bahan utama kedalam bumbu bakar, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap. Setelah itu bakar deh dengan bara. Jangan lupa dibolak-balik dan di beri bumbu bakar lagi setiap dibalik (bagusnya dengan kuas/daun pisang).
periksa dengan garpu dagig bagian dalam apakah sudah matang.
kalo udah matang ya siap disajikan.
Mudah to...

Sengaja gak pake takaran dalam resepnya, karena ini bisa dengan takaran yang sesuai selera anda.

Mau mencoba? Silahkan (Monggo Kerso). Kalo udah jangan lupa komen lagi disini ya? bagaimana hasilnya? atau bila ingin bermurah hati bisa dikirim ke rumah... hehehe....

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ikan dan Ayam Bakar Lalapan ini dipublish oleh mbok pada hari Kamis, 10 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Ikan dan Ayam Bakar Lalapan
 
Reaksi: 

1 komentar:

  1. Bagi yang bingung untuk memulai usaha ayam goreng silahkan klik Sukses Usaha Ayam Goreng Crispy salam sukses :)

    BalasHapus