Dadar Putih Telur Kulit Pangsit

Biasanya jika ibu-ibu membuat masakan yang menggunakan bahan telur dan yang digunakan hanya bagian kuningnya saja, tentu ini akan menyisakan putih telurnya. Putih telur sangat jarang ada yang menyukainya. Saya pun pernah mengalaminya. Nah saya akan berbagi kepada ibu-ibu untuk memanfaatkan putih telur menjadi menu keluarga.

Alhamdulillah ada suami yang senang memanfaatkan bahan sisa ataupun bahan yang ada. Nah kali ini suami saya memanfaatkan putih telur sisa masakan dan bahan untuk kue lebaran kemarin.


Mari kita buat dengan proses yang mudah ya? Untuk pertama kali mari kita siapkan bahan-bahannnya. Berikut bahan-bahan yang bisa dipersiapkan:

Sisa putih telur – 4 butir.
Tepung terigu – 8 sdm.
Air secukupnya.
Kulit pangsit – 4 s/d 8 lembar uk. 10X10 cm.
Bawang daun – 1 Batang.
Garam dan merica secukupnya.
Bawang merah – 5 siung.
Bawang putih – 1 siung.
Bahan tambahan, Sosis iris, daging (ayam, sapi, ikan) cincang, atau irisan bakso. Boleh ditambahkan boleh tidak. Sesuai selera dan ketersediaan bahan.

Proses memasak:

Haluskan bawang merah dan bawang putih. Setelah halus letakkan dalam sebuah mangkuk yang agak besar.

Masukkan tepung ke dalam mangkuk yang ada bawang merah dan bawang putih halus. Aduk dan tambahkan air sampai adonan tepung terlihat mengental seperti madu. Tambahkan garam dan merica serta irisan bawang daun dan juga bahan tambahan. Aduk dengan merata tercampurnya.

Masukkan putih telur dan aduk hingga tercampur adonan dan putih telur.

Panaskan pan dengan sedikit minyak. Setelah panas masukkan setengah mangkuk adonannya, kemudian letakkan 1 atau 2 lembar kulit pangsit di atasnya, setelah agak kering bagian bawahnya balik adonan dan letakkan kembali kulit pangsitnya diatas adonan yang digoreng sambil di olesi sisa adonan yang ada di mangkuk. Setelah bagian bawah kering kembali balik lagi dan lakukan hal serupa sampai adonan atau kulit pangsitnya habis.

Setelah habis angkat, hidangkan di atas piring dan iris sesuai selera. Dapat dihidangkan dengan sambal tomat kemasan atau membuat sendiri.

Mudah bukan? Selamat mencoba. Semoga kita tidak sering membuang bahan-bahan sisa untuk bisa dimanfaatkan menjadi masakan untuk keluarga.

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Dadar Putih Telur Kulit Pangsit ini dipublish oleh mbok pada hari Kamis, 10 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Dadar Putih Telur Kulit Pangsit
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar