Bayi Monster Coelacanth dari Indonesia!

Para peneliti dan ahli kelautan Jepang mengklaim telah berhasil menemukan dan merekam video seekor coelacanth muda, Selasa (17/11). Ikan sangat langka yang diduga keturunan ikan jaman purba itu ditemukan dan direkam dari perairan dalam di Indonesia.



Ikan berjuluk “fosil hidup” itu ditemukan pada 6 Oktober lalu di kedalaman 161 meter di sekitar perairan Manado, Sulawesi. Ini merupakan temuan coelacanth hidup pertama dari perairan Indonesia yang berhasil difilmkan.Dalam rekam video itu terlihat seekor coelacanth sepanjang 31,5 cm berwarna biru dengan bintik putih. Ia tampak sedang berenang lamban di sekitar bebatuan karang di dasar laut selama 20 menit.
“Setahu kami, inilah coelacanth Indonesia yang pertama kali berhasil direkam gambarnya… makhluk yang masih tetap misteri,” tutur Masamitsu Iwata, peneliti di Aquamarine Fukushima di Iwaki, wilayah timurlaut Tokyo, seperti yang dikutip dari AFP di laman Yahoonews.

Untuk monster coalacanth, ikan berukuran 30 cm itu sama dengan anakan ikan yang baru lahir.ILmuwan berharap temuan dan rekaman ini akan mencerahkan pngetahuan tentang habitat dan perkembangbiakan ikan yang di Sulawesi disebut “Raja Ikan” itu.

Rekaman itu didapat dengan menggunakan alat perekam gambar yang ditempatkan di sebuah wahana selam mini.Coelacanth diyakini sebagai turunan ikan purba dari masa prasejarah yang hanya sedikit mengalami peruban bentuk. Spesimen coelacanth pertama kali didapat di perairan selatan Afrika pada 1938.

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bayi Monster Coelacanth dari Indonesia! ini dipublish oleh mbok pada hari Senin, 18 Juli 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bayi Monster Coelacanth dari Indonesia!
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar