Modifikasi offroad Nissan Frontier 2003, Dari Mainan Mewujud Nyata


JIP - Bermimpilah setinggi langit dan kejarlah mungkin cocok ditujukan pada H. Dede Andriana. Saat kecil, Dede sangat mengagumi mainan berupa pikap dengan ban besar dan iapun berangan untuk memiliki dalam bentuk sebuah pikap yang sesungguhnya saat besar kelak.

Saat menginjak dewasa, sebuah Nissan Frontier pun akhrnya menjadi menjadi kendaraan operasional hariannya. Nampaknya impian masa kecilnya masih melekat erat dan ingin diwujudkannya dengan Frontiernya. Ban berukuran 35 inci pun akhirnya jatuh sebagai pilihan, walau sebenarnya Dede menginginkan ban dengan ukuran yang lebih besar lagi yakni ban ukuran 38 inci.

Namun ia harus realistis, karena mdalam pertimbangannya pick up Jepang ini masih harus bisa dipergunakan sebagai kendaraan harian dan tentunya masih bisa diajak untuk memburu rupiah.  Karenanya ban berukuran 35 jadi pilihan yang imbang antara mimpi dan kenyataan palng tidak untuk saat ini.

Impian 38 inci masih belum terealisasikan, bahkan Dede pun belum bisa menjawab akan diwujudkan pada Nissan pikap ini atau mungkin kendaraan lainnya. Akankah kisah ini akan berlanjut atau akan menjadi mimpi lainnya? Kita lihat saja nanti 
 
Mesin
Dapur pacu penenggak solar berkode ZD30 berkapasitas 2953cc turbo bawaan kendaraan masih dipertahankan keberadaannya dan tidak diotak-atik sama sekali. Ukuran ban yang membengkak jelas memangkas tenaga mesin, akan tetapi Dede merasa bahwa tenaga yang dihasilkannya cukup untuk menjabani kebutuhan dobel cabin yang satu ini.

Transmisi
Girboks 5 percepatan manual dan tranfercase 2 percepatan part-time asli bawaan kendaraan sama sekali tidak terjamah modifikasi. Walau tidak seberingas saat menggunakan ban ukuran standar, namun kolaborasi di antara keduanya masih dianggap cukup mumpuni.

Interior
Walau dipergunakan setiap hari berkeliling proyek, namun kebersihan dan keasrian interior tetap terjaga. Beberapa bagian dari jok dan doortrim dibalut ulang dengan menggunakan bahan kulit sintetis. “Jenis bahan ini tergolong mudah untuk dibersihkan,” tutur Dede.

Suspensi dan kaki-kaki
Suspensi bawaan asli kendaraan masih tetap dipertahankan bahkan finalgir pun tetap mengandalkan aslinya. Supaya penggunaan ban berukuran overdosis dapat dilakukan maka peranti body lift setebal 3inci pun lantas dibenamkan di antara bodi dan sasis.

Bumper
Bumper depan dan belakang bawaan kendaraan dipensiunkan, sebagai gantinya bumper custom dari bahan plat setebal 3mm disematkan. Pada bumper depan tersemat pula sebuah winch eletrik yang dipersiapkan sebagai peranti rekoveri kendaraan ini.

Overfender
Overfender ini dibuat dari bahan alumunium yang merupakan barang taylor made dan disainnya menyesuaikan dengan ukuran dan dimensi ban yang dipergunakan dobel kabin ini.

Ban dan pelek
Ban berukuran 35 inci lansiran Maxxis dikolaborasikan dengan pelek aftermarket yang sayang sekali Dede lupa mereknya. Profil Mudzilla yang kasar dan pelek yang dibalut warna hitam dof memyodorkan kesan angker pada tampilan kendaraan yang satu ini.

Footstep
Sepasang footstep ditempatkan di kedua sisi kendaraan. Peranti ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai pijakan kaki dan sekaligus sebagai  side bar yang melindungi kendaraan akan benturan dari arah samping.  (jip.otomotifnet.com)
   
Spesifikasi
Mesin         : Nissan ZD30 4 silinder turbo diesel (OEM Nissan Frontier)
Transmisi    : 5 speed manual (OEM Nissan Frontier)
Transfercase    : 2 speed part-time
Gardan        : OEM Nissan Frontier
Ban        : Maxxis Mudzilla LT 35 x 13.5 R15
Pelek        : Aftermarket
Sokbreker    : Old Man Emu
Per torsi    : OEM Nissan Frontier
Per daun    : OEM Nissan Frontier
Overfender    : Pit garage
Bumper    : Pit garage
Bodi lift    : 3inci almunium
Pit Garage
Jl. Haji Soleh II Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Telp: 0811961243     

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Modifikasi offroad Nissan Frontier 2003, Dari Mainan Mewujud Nyata ini dipublish oleh mbok pada hari Sabtu, 18 Juni 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Modifikasi offroad Nissan Frontier 2003, Dari Mainan Mewujud Nyata
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar