Ditemukan Kaca Yang Lebih Kuat Dibandingkan Baja & Titanium



Para ilmuwan di Amerika Serikat membuat kaca metalik yang memiliki kombinasi kekuatan dan kekerasan yang lebih hebat daripada materi-materi yang ada saat ini. Material baru ini punya struktur kimia yang menetralkan kerapuhan kaca dan mempertahankan kekuatan.

Kacanya tidak terlalu padat dan lebih ringan daripada baja. Beratnya sebanding dengan berat aluminium atau campuran titanium.

Penelitian terhadap gelas metalik ini sudah beberapa tahun dilakukan oleh peneliti di California Institute of Technology (Caltech). Penelitian dipimpin oleh Marios D Demetriou. Pada penelitian yang terdahulu Demetriou dan timnya melibatkan pengkristalan. Namun, pada gelas metalik ini tidak ada pengkristalan, hanya campuran mikro antara paladium, silikon, germanium, dan perak.

"Setiap elemen mengkristal secara efektif saat berdiri sendiri. Ketika dicampurkan, material jadi bingung, tidak tahu cara untuk mengkristal. Prosesnya jadi lambat," tutur ilmuwan material dari Lawrence Berkeley National Laboratory Robert O Ritchie.

Caltech masih akan mencoba resep lain. Saat ini gelas metalik masih mahal dan sulit dibuat karena mengandung lima jenis metal serta butuh pendinginan. Jadi, penggunaan gelas metalik ini dalam produk masih butuh waktu lama. Material seperti ini dapat digunakan untuk pembangunan jembatan, pembuatan perahu, pesawat, serta material untuk mesin industri.

Robert O Ritchie mengatakan bahwa material ini mungkin adalah kombinasi terbaik antara kekuatan dan ketahanan. Ritchie mengakui, material baru ini bukan yang terkuat.

"Namun, kombinasi terbaik antara kekuatan dan kekerasan," kata Ritchie. Artinya, ada materi yang lebih keras, tapi kalah kuat. Ada juga materi yang lebih kuat, tapi kalah keras oleh material ini. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)

Penulis : mbok ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ditemukan Kaca Yang Lebih Kuat Dibandingkan Baja & Titanium ini dipublish oleh mbok pada hari Sabtu, 23 Juli 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ditemukan Kaca Yang Lebih Kuat Dibandingkan Baja & Titanium
 

0 komentar:

Posting Komentar